Jumat, 25 September 2015

Efisiensi Bahan Bakar Kendaraan dan Perbandingan Mesin Diesel & Bensin

Efisiensi mesin mengacu pada kemampuan mesin untuk mengubah energi yang tersedia dari bahan bakar menjadi tenaga gerak yang berguna.
 

Mesin bensin modern beroperasi pada rata-rata sekitar 20 sampai 30 persen efisiensi.
 

Dibanding mesin bensin, mesin diesel dianggap lebih efisien. Mesin diesel menggunakan kompresi tinggi pada silinder untuk menyalakan bahan bakar.
 

Kompresi lebih tinggi ini membuat mesin diesel memiliki efisiensi sekitar 40 persen. Rasio kompresi mesin juga akan mempengaruhi efisiensi mesin. Mesin bensin mobil umumnya beroperasi pada tidak lebih dari rasio kompresi 10:1. meningkatkan efisiensi.
 

Bahan bakar seperti nitrometana menghasilkan oksigen, sehingga menciptakan tenaga mesin lebih besar akibat lebih banyak bahan bakar yang terbakar.
 

Mesin jenis lain bahkan memiliki efisiensi lebih kecil. Mesin piston uap, misalnya, beroperasi pada sekitar 8 persen efisiensi.
Hal ini pada gilirannya membuat mesin beroperasi lebih efisien.
Bensin dengan oktan lebih tinggi akan memungkinkan mesin untuk beroperasi dengan rasio kompresi yang lebih tinggi yang berarti
 

Cara Menghemat BBM Mobil :

Apapun jenis mesin mobil anda baik yang menggunakan premium/bensin, solar, pertamax maupun bio diesel, tips ini bisa dilakukan untuk semua tipe-tipe mobil.
 

Pola mengemudi adalah salah satu kunci penting dalam menghemat bahan bakar. Untuk itu, perlu adanya sikap dan beberapa tindakan yang mencegah/memperlambat bahan bakar minyak tersebut agar tidak cepat habis dan menjadikan bahan bakar minyak pada kendaraan kita irit dan tidak mudah habis. 

Jagalah kebersihan mobil, Interior yang bersih tentu saja bisa menurunkan benda-benda atau sampah yang selama ini menambah beban kendaraan. Makin ringan kendaraan, makin enteng mesin bekerja, makin hemat BBM.
 

Matikan mesin saat macet dan lampu merah, Selain menghemat BBM, langkah ini juga mengurangi polusi udara yang kita hirup.
 

Rencanakan rute dengan baik. Ketahui pasti rute yang akan kita lalui termasuk menghindari kemacetan atau proyek fisik yang menggunakan jalan.
 

Perhatikan pindah gigi, Saat pindah gigi atau perseneling ketika RPM mencapai 2.500 (mesin bensin) dan 2.000 (mesin diesel) untuk menghindari penggunaan tak perlu dari BBM.

Mesin kendaraan ternyata paling boros BBM dan paling mencemari udara ketika dalam tahap pemanasan. Dengan memanfaatkan cara menghemat Bahan Bakar Minyak tersebut semoga bisa menjadikan kita semua perduli dengan sumber daya alam, menghemat energi menghemat bbm dan menghemat kantong.

Baca juga :
Penghemat bbm
Menghemat mesin bensin dan solar















Tidak ada komentar:

Posting Komentar